Mari Mengenang Masa Jadul, It's Fun

Kamis, 24 Desember 2009

sebenernya gw dapet ide ini waktu dengerin bocah2 maen didepan rumah gw...
ternyata permainan yang mereka mainkan -menurut gw- bisa menstimulus otak2 mereka untuk menganalisa suatu permasalahan kedepannya...

permainan yang dimainkan para bocah...
==========================================================================



permainan dampu ini menurut gw bisa menciptakan bocah2 dengan betis yang kuat, secara mainnya kan loncat2an.

point pertama permainan ini bisa meningkatkan ketelitian, kenapa ? karena sebelum bermain kita kan harus cari batu/gacuk yang buat dilempar, nahh batunya itu bukan sembarangan, harus batu2 yang ada seratnya, dan agak gepeng, biasanya diambil dari bekas semen2 gitu.

dan gw dan temen2, sering maen dampu kalo ada yang bongkaran rumah.

efek bermain dampu : DAPAT MEMBUAT KOTOR JALANAN....hha... i liked.
membangun ke-vandalisme-an pada masa anak2... :lol:

poin kedua yaitu meningkatkan ke akuratan, kenapa ? jelass...soalnya saat bermain dampu kita kan harus ngelempar batu ke petak angka yang jatah kita untuk menyelesaikan satu putaran, jadi kalo ngelemparnya keluar petak, berarti gagal, harus gantian giliran. Dan saat ngelempar perlu tingkat ke akuratan mata dan pengaturan tenaga yang sesuai saat melempar batu.

efek bermain dampu : MEMBUAT BIBIT ATLIT-ATLIT LEMPAR GALAH....hha....like this.
atau melatih anak-anak untuk lempar2an batu pada saat tawuran.

poin ketiga adalah mengajarkan anak bagaimana caranya berbisnis dan me-monopoli sesuatu, kok bisa ? soalnya saat ada yang sudah menang satu putaran, pemain punya hak buat membuat petak "sawah" baru, dimana yang boleh nginjak petak sawah itu adalah orang yang melewati satu putaran tadi. Jelas kan ? ini namanya anak-anak diajarkan untuk ber-konspirasi, pokoknya harus menang satu putaran cepet2 terus bikin petak sawah baru. Pokoknya indivualis bgd deh...

efek bermain dampu : BIBIT-BIBIT CALON PENGUSAHA SUKSES....
atau tukang korupsi duit negara...

oh iya, kalo mw ngeliat sumber resmi dari Wikipedia tentang dampu, silahkan klik disini.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------




Biasa permainan ini dimainkan sama kaum cowo...
ini gw mainin sekitar waktu SD kelas 3-5an..

intinya dari permainannya tuh jadi kita harus ngaduin itu biji karet dengan biji karet lainnya menggunakan bantuan pelipis tangan kita. Dan yang menang adalah karet yang nggak hancur.

poin pertama, melatih kekuatan tangan, kenapa ? jelas banget kalo permainan ini butuh tenaga yg lumayan, soalnya kalo pake tenaga yang beraura bencong, gak bakal pernah menang, tapi faktor lainnya yaitu tingkat kekerasan biji karet juga mempengaruhi, kalo biji karet ini "kopong" pasti kalah.

efek permainan biji karet : MENCIPTAKAN ATLIT TINJU BARU....
atau preman pasar tanah abang

poin kedua adalah melatih tingkat sugestifitas kita, kenapa ? soalnya kata orang-orang kalo mau menang main biji karet, dalem biji karet itu kan ada semacam minyak gitu, nah kita olesin di biji karet itu, termakan sugesti itu, setiap main pun gw gak lupa menggosok pake minyak  yang ada didalem biji karet.

Pernah juga gw supaya gak kopong, isinya gw kasih semen, dan terbukti, biji karet gajo-an gw menang terus, hahaha...

efek permainan biji karet : MELATIH UNTUK MENJADI HACKER YANG PROFESSIONAL...
atau penipu ulung....
==========================================================================
sebenernya masih banyak permainan yang lain dan efek positif negatifnya, kalo dijabarin semua nanti bisa jadi sebuah buku...mudah2an bisa nulis buku populer...aminn

jadi sebagai gantinya meong kasih picturenya dan preview nya sedikit yang ditemuin di forum...cekidot...

















***********************************************************************************

hahahaha....semoga bisa membantu kembali ke masa jadul...wkwkwkwkwk

stay tune.... :) 

25 komentong:

Bayu Lebond mengatakan...

kecil gw dulu suka maen mobil dr tanah liat...trus diadu...yg mobilnya ancur itu yg kalah...

Fakhri Mohamad mengatakan...

@Bayu Lebond
hahahaha....wahhh berarti daerahnya berlumpur yaa broo...hha...

Vindyantari A.P mengatakan...

hm... aku inget barang2 jadul.
permen coklat payung, mi kremes anak mas, permen jagoan neon, coklat superman, wkwkkw...
tu barang2 masih kecil. sekarang udah nggak ada tuh.

aku suka anak mas!!!

Fakhri Mohamad mengatakan...

@Vindyantari A.P
yang rasa keju apalagi...hahahaha

yasuyassyash mengatakan...

ahaha.. jadi inget masa kecil..
ahaha..
tamagochi gua ancur jatoh ke got,..
ahaha. gw juga punya tuh sepatu nyala2, berasa keren banget rasanya pas make ke sekolah, ahahaha

Ra mengatakan...

jadi keinget waktu kecil yah, dampu itu...kalo di tempat saya namanya "engklek"... =p

btw, nice blog, salam kenal... =)

Fakhri Mohamad mengatakan...

@yasuyassyash
sama...kalo gw tamagotchi digimon gw bawa ke sekolah, sekalian buat jam juga, hahaha

@Ra
hhe...salam kenal juga, mampir balik yaa...

Vindyantari A.P mengatakan...

iya rasa keju!!
enak tuh... mana ya? kok nggak produksi lagi. huhuhu... pengen...

eh., aku nggak punya sepatu nyala. tapi aku punya sepatu kaca. dibeliin mama dulu. berasa kaya cinderela.

wlwkkwkw... masa kecilku yang bahagiaaaa.... ;)

.:nyala mengatakan...

tazoooooooooooooooos!!!!
haha dulu sampe punya sekotak besar
mana tau msg bahaya dulu y hehe

yg lainnya ada boy boyan
bola tembak

jadul is fun!
thx for reminding :D

Rika lestari mengatakan...

dulu mah sukanya main batu tujuh

Fakhri Mohamad mengatakan...

@Vindyatari AP
hhahaha...emang ada yahh sepau kaca ? g tw, hhe. tp bener2 dari kaca ? apa cuma transparan ?
punya baju yg bisa nyala gak ?hha

@.:nyala
sama...dulu ngoleksi sama buat diadu...haha
pas lagi bangkrut, dibela2inn beli punya temen,hha

@Rika lestari
kayanya pernah denger tuh, tapi lupa, hhe

NyieL ^_^ mengatakan...

Waktu keciL duLu w suka banget maen kelereng,Layang-layang 'N sepak bola ma cowo,,,

Soal na dulu tomboy siy...(:

Vindyantari A.P mengatakan...

wkkwk..., sepatu yang transparan huahahhaa... nggak dari kaca. Kalo dari kaca aku tendang tembok pecah donk.. wkwkwk...

baju nyala? nggak punya tuh. tapi kayaknya aku dulu pernah liat di pasar. ada baju yang berlampu. ;)

Abela Yotsu Sanjaya mengatakan...

kalo gue....
main yang bambu2 itu...
trus nemenin kakak w main layangan..
trus main pistol2an
yang bijinya plastik ituu..

untungnyaa sampe sekarang gue ga prnah peluru2an...

Fakhri Mohamad mengatakan...

@NyieL ^_^
hahaha...tomboi...maen ibu2an gak ? wkwkwkwk

@Vindyantari A.P
ohhh...hhe..berarti jadi cinderella imitasi dong... :p

@Abela Yotsu Sanjaya
hahaha...gw juga maenan itu..
tapi kalo layangan, gw gak pernah bisa naekin layangan, wkwkwk

Wulan mengatakan...

waaahahahahahahahaha.
jadi inget jaman2nya masih lugu :p
Dulu gw rada tomboy, jadi maenan2 cowo juga gw embat! haha.
coba kita cek,
1.Gundu dulu gw punya se-kresek, boleh ngoleksi dari nemu2 didepan rumah, dikolong meja skolah, sama dipinggir jalan. hahaha.
2.whaaaa Layang2 "peteng" gw ketinggalan dirumah sodara gw pas gw masih SD!!
3.Gangsing, ketapel, yoyo, roda2 kaleng, senapan bambu, gimbot air, kayaknya masih nyimpen, ditaro dimana yah?!?
4.Keong/kelomang dulu gw pernah piara tapi mati mulu gara2 ga nyediain cangkang barunya. hiks :(
5.Kapal UAP, Gimbot, pistol air, Tamiya, View Master 3D, Atari/Sega/PS, dari dulu gw minta tapi ga pernah dibeliiiiinnnn!!!!! -,-
6.Balon sabun gw masih maen smpe skrg :)
7.Galaksin!!! kangen bgd gw maen ini!
8.Pesawat gabus berhasil gw bikin berkeping2 dulu! haha
9.Balon tiup, aduh, udah susah nyarinya skrg klo ga di abang2 yg suka nangkring didepan skolahan SD!
10.Monopoli & Halma masih suka maen kok hehe.
11.Tazos dulu juga punya sekresek gedeeee! :'(
12.Tentara2an plastik, miss u so much!
13.Robot2an gw punya byk nih. Dari Satria Baja Hitam (Kamen Rider), Power Ranger, Sailor Moon, SpiderMan, BatMan, dan kawan2nya gw punya! (gila cowok amat dulu gw?!)
14.Tamagochi gw na'as terendam mesin cuci T-T
15.Sepatu nyala -baru beli- gw dulu jatoh sebelah pas lagi naek motor sampe gw nangis2! :'(
16.Coklat Superman masih makan kok gw ampe skrg :D

hahaha sori gw jadi kebawa curhat!

Dhyn Hanarun mengatakan...

dulu aku suka maen kapal uap tuh.
berhenti gara-gara tenggelam,
jadi pengen beli lagi nih,

CODENAME 169 mengatakan...

galasin juga pak ketuuu

Fakhri Mohamad mengatakan...

@Wulan
wahahahaha...mantap bgd sis...
gambar2 diatas bener2 ngembaliin kenangan kita yahh... pengen balik lg ke masa2 dimana ga pnya masalah, hhe

@Dhyn Hanarun
hahaha...pernah beli kapal uap, tp gak pernah bisa nyala, padahal dah dikasih api, beli nya di pasar...
pasarnya sekarang udah g ada, dah digusur... :'(

@CODENAME 169
galasin....seru banget...hha..permainan yg menggunakan taktik psikologis...hha

syifa mengatakan...

hahaha... postingan y lucu rie... w mpe ktawa2 bca y...

wktu kcil w mah pling ska tuh permainan galasin... seru bgt tuh permainan y,,.. klo maen pzti m tmn2 SD n pAz ge istirahat...

bner bgt tuh monopoli paling enk d'maenin pas puasa... ada atu ge rie m uler tangga... haha

Tamagochi punya 2 but rusak smua y... malah kdang2 kga pernah w ksh makan tuh dy... eeh, tw2 y mati... hahaha

oiye bner tuh kta tmen lo, w jga g punya spatu nyala pnya y sepatu kaca,, kembaran lg m tmen w... sneng bgt w pas d'bliin tu m ma2... hehe

nah, nie dy makanan yg pling w suka wktu kcil.. anak mas... ehmmmm,,, doyan bgt dh w m tu.. mpe2 ma2 bliin serenceng isi y 12 mie,w mkan breng m ade w, but ade w, w ksh cma 3.. hahaha
klo coklat payung m coklat supermen w g mkan coz dlu wktu kcil g ska w m coklat... hehehe

Seru rie postingan y.. Masa2 kcil mank paling indah ye,, selalu dengan canda tawa dan g pernah miqirin ssuatu yg mmberatkan fiqiran.. hehehe
jd pengen k'masa tu lagi... sekedar melihat y juga gpp.. andaikan ada kantong doraemon atw g mesin wktu y!!!... hehehe ^_^

Fakhri Mohamad mengatakan...

@syifa
makasih...emang semua hal yang berbau kenangan itu mengasikkan yaa... hhe...

mampir lagi ya siv... :)

Vindyantari A.P mengatakan...

wkwkwkkw.... cinderela imitasi? wkwkkw... nggak juga. aku kan emang cinderela.. hehehe..
mimpi dulu tapi. ;)

Luna Askar mengatakan...

hey kentut bokap gue kemaren baru mengenang-ngenang permainan jadul ini .. dan tiba-tiba terpikirkan buat nyuruh gue membukukan permainan jadul ..hahahaa [tertawa sambil nangis]..kenapa harus gue ??
kenapa ga lu aja ..

Mcdoans Jack mengatakan...

hahaha gila nice banget nih kentut! haahaa
follow mcdo ya

Fakhri Mohamad mengatakan...

@Vindyantari A.P
iyaaa deh Cinderella, hha.

@Luna Askar
yaaa coba aja nulis atuh mbak luna, saya mah enggan sekali menulis itu,hhe

@Mcdoans Jack
okee bro..mampir lagi ya...

Posting Komentar

Tuliskan Kesan di Pikiran Anda setelah Membaca Tulisan Ini. Lalu tatap mata saya, tidur lebih dalam, lebih dalam lagi...lho ???

 
Sundul Gan